HUBUNGAN KEJADIAN LOW BACK PAIN DENGAN INDEKS MASSA TUBUH PADA PENGENDARA MOTOR DI KOTA JAMBI

Authors

  • Miftahurahmah
  • Budi Justitia
  • Nindia Aryanti
  • Esa Indah Ayudya Tan
  • Raihanah Suzan
  • Mutiarahma

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.18376

Abstract

Latar Belakang: Low back Pain (LBP) merupakan masalah umum kesehatan di masyarakat. Low back pain memiliki gelaja seperti nyeri dan juga kaku pada daerah lumbosacral serta punggung. Salah satu factor risiko yang bisa menimbulkan LBP berupa Indeks Massa Tubuh (IMT).  Kejadian LBP lebih berdampak pada pekerja dengan aktivitas sehari hari yang lebih banyak dilakukan dengan duduk seperti pengendara ojek online.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kejadian LBP dengan IMT pada pengendara ojek online di Kota Jambi.

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling (accidental sampling). Populasi dalam penelitian ini adalah pengendara ojek online di Kota Jambi

Hasil: Hasil peneltian menunjukkan bahwa semua pengendara ojek online yang ditemui berjenis kelamin laki-laki dengan distribusi kejadian low back pain pada pengendara ojek online di Kota Jambi sebesar 62.5% dalam seminggu terakhir dan 56.3% dalam setahun terakhir. Analisis bivariat menunjukkan tidak adanya hubungan bermakna kejadian LBP dengan IMT pada pengendara ojek online dengan p=0.470.

Simpulan: Tidak terdapat hubungan bermakna antara Indeks Massa Tubuh dengan kejadian LBP pada pengendara ojek online di Kota Jambi.

Kata Kunci: Low back pain, faktor resiko, pengendara motor

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Miftahurahmah, Justitia, B. ., Nindia Aryanti, Esa Indah Ayudya Tan, Raihanah Suzan, & Mutiarahma. (2022). HUBUNGAN KEJADIAN LOW BACK PAIN DENGAN INDEKS MASSA TUBUH PADA PENGENDARA MOTOR DI KOTA JAMBI. Jambi Medical Journal : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 10(1), 148-153. https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.18376