ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 2 KOTA JAMBI

Authors

  • Nanda Deswita Fitri Universitas Jambi
  • Reka Seprina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.25856

Keywords:

Media Pembelajaran, Media Audiovisual, Sejarah

Abstract

Media audiovisual merupakan media yang mengandung suara dan gambar yang dimana menggunakan indera pendengar dan penglihatan yang bisa digunakan dalam media pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui analisis penerapan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran sejarah di SMAN 2 kota Jambi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis penelitian ini terdapat tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran audiovisual pada pembelajaran sejarah di SMAN  2 Kota Jambi adalah menggunakan media audio visual seperti video dokumenter dan Power Point slide suara. Sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah,  media pembelajaran audiovisual dapat meningkatkan motivasi serta pehamanan siswa tentang pembelajaran sejarah dalam menyampaikan materi pembelajaran di SMAN 2 Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AH Sanaky, H. (2013) Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara.

Arif S. Sadiman dkk (2018) Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan Dan Pemanfaatanya. Depok: rajagrapindo persada

Asmara, Y (2019) Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna Dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, Volume 2, Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940. hlm 105-120

Azhar, Arsyad (2010) Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. A.M,

Batubara dan Aman (2019) Perkembangan Pembelajaran Sejarah Pasca Kemerdekaan-Reformasi. Jurnal Pendidikan Sejarah. Volume 8 No (1). DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.081.02. hlm 14-34.

Inesa Tri Mahardika Pratiwi dan Rini Intansari Meilani (2018) Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. MANPER: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 3, No. 02. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762. Hlm.173-181

Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang (2011) Media Pembelajaran Manual dan. Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Kustiono (2010) Media Pembelajaran: Konsep, Nilai Edukatif, Klasifikasi, Praktek. Pemanfaatannya dan Pengembangan Buku Ajar. Semarang: Unnes Press.

lexy j. Moleong (2017) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Munadi, Y. (2010). Media pembelajaran. Jakarta: Gaung persada (GP)

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Santosa, Y. B. P., & Hidayat, F. (2020). Variabilitas Penggunaan Model Pembelajaran Pada Kegiatan Pembelajaran Sejarah Peminatan Kelas X IPS di Kota Depok. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 2(2), 94-104.

Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Sukiman (2012) Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53-68.

Wati, R & Ega (2016) Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Fitri, N. D. ., & Seprina, R. . (2024). ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 2 KOTA JAMBI. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 3(1), 10-19. https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.25856